Program Studi Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan
Program Studi Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan Universitas Gadjah Mada
Latar BelakangPermasalahan politik-ekonomi seperti kemiskinan, kualitas pelayanan publik, korupsi, kerusakan lingkungan, dan relasi bisnis dengan pemerintah menjadi semakin kompleks dalam dua dekade terakhir. Untuk merespon masalah tersebut, program Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (MKIK) mengembangkan program S2 yang bertujuan mendidik mahasiswa agar memiliki kapasitas berpikir kritis dan kemampuan analisis yang kuat dalam kajian dan pengembangan kepemimpinan dan inovasi kebijakan. Melalui program MKIK ini diharapkan akan terjadi perubahan paradigma dan pendekatan dalam praktik kepemimpinan dan kebijakan sehingga pelaksanaan kepemimpinan serta formulasi dan implementasi kebijakan mengarah pada terciptanya inovasi kebijakan guna merespon masalah ekonomi, sosial, dan politik yang semakin kompleks.
Tujuan Program
- Meningkatkan penguasaan konseptual mengenai berbagai isu kepemimpinan dan kebijakan publik,
- Meningkatkan kapasitas metodologis untuk mendukung kegiatan penelitian dan analisis berbagai isu kepemimpinan dan kebijakan publik,
- Meningkatkan kapasitas memanfaatkan teknologi informasi untuk pengambilan keputusan dan merancang inovasi kebijakan.
- Meningkatkan kemampuan menganalisis data penelitian untuk mendukung kebijakan, baik dalam bentuk policy papers, artikel, maupun tulisan-tulisan ilmiah lainnya.
Fasilitas yang Ditawarkan, diantaranya:
- Database hasil penelitian PSKK UGM yang bisa diakses oleh mahasiswa MKIK UGM,
- Perpustakaan berstandar internasional dilengkapi dengan fasilitas jurnal elektronik,
- Kesempatan mengikuti program internship pada penelitian yang dilakukan oleh PSKK UGM,
- Laboratorium komputer untuk analisis data,
- Ruang kegiatan mahasiswa yang dilengkapi komputer yang tersambung dengan jaringan internet,
- Jaringan wi-fi diseluruh gedung kuliah.
Komitmen Nilai
MKIK UGM memiliki komitmen tinggi dalam menjunjung nilai-nilai demokrasi, pluralisme, keadilan sosial (termasuk keadilan gender), dan pengembangan good governance. Nilai-nilai tersebut me njadi kerangka pada keseluruhan proses belajar-mengajar.Model Perkuliahan
Kurikulum MKIK UGM menitikberatkan pada upaya memberikan kemampuan penelitian dan analisis yang tinggi kepada para peserta dengan membekali wawasan teoretis dan penguasaan metodologi yang memadai untuk analisis dan praktik penelitian. Oleh karena itu, metode yang dipilih dalam program ini bukan hanya perkuliahan, tetapi juga workshop dan internship (directed research). Selain itu, MKIK juga mengembangkan perkuliahan jarak jauh dengan menggunakan teknologi webinar.Jumlah Kredit dan Jangka Waktu Program
Jumlah kredit yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa dalam program ini adalah 44 SKS, meliputi 6 mata kuliah wajib program (18 SKS), 6 mata kuliah pilihan (18 SKS) ditambah tesis (8 SKS). Setelah mengikuti matrikulasi, kuliah wajib dan pilihan, serta menyelesaikan tesis, mahasiswa bisa lulus dalam jangka waktu 18 bulan.Mata Kuliah yang Ditawarkan
a. M ateri Matrikulasi- Analisis Data Kuantitatif
- Pengantar Ilmu Kebijakan
- Teknik Penulisan Ilmiah
b. Mata Kuliah Wajib
- Kepemimpinan strategis dan inovatif
- Disruptive innovation and policy
- Sains, Teknologi, dan Inovasi
- Nilai publik dan inovasi
- Analisis kebijakan berbasis data
- Metode penelitian untuk inovasi kebijakan
c. Mata Kuliah Pilihan
- Kepemimpinan dan transformasi budaya
- Kepemimpinan kolaboratif dan multikultiralisme
- Inovasi tata kepemerintahan
- Inovasi akar rumput
- Ekonomi kebijakan publik
- Demokrasi, k epercayaan (t rust), dan k ewarganegaraan
- Globalisasi dan ketenagakerjaan
- Dinamika kependudukan dan inovasi
- Kebijakan kesejahteraan dan modal sosial
- Intelligence p olicy and n ational s ecurity
- Bisnis, politik, dan masyarakat
- Kewirausahaan sosial
Keunikan Program
MKIK UGM berkaitan erat dengan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh PSKK UGM. Selama lebih dari 40 tahun PSKK UGM telah melakukan penelitian dalam berbagai tema, di antaranya kualitas pelayanan publik, governance, desentralisasi, perlindungan sosial, kependudukan, corporate social responsibility (CSR), dan beberapa tema lainnya. Data tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk keperluan mengerjakan tugas dan penulisan tesis.Kualifikasi Calon Mahasiswa
Mereka yang diharapkan menjadi mahasiswa adalah pegawai pemerintah, pegawai non-pemerintah, aktivis LSM, peneliti, dosen, pelaku bisnis, dan lulusan S1 yang mempunyai minat pada studi kebijakan dan kepemimpinan.Syarat Pendaftaran
Persyaratan mendaftar mahasiswa MKIK UGM, adalah lulusan S1 dalam dan luar negeri dengan menyerahkan berkas lamaran yang meliputi:- salinan ijazah S1 yang dilegalisasi
- salinan transkrip S1 yang dilegalisasi
- pasfoto berwarna terbaru
- salinan sertifikat akreditasi program studi S1
- fotokopi sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas, TPA Pascasarjana (PAPs) UGM, atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia yang masih berlaku (maksimum 2 tahun setelah tanggal sertifikat dikeluarkan) dengan nilai minimal 450.
- fotokopi sertifikat tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku, (maksimum 2 tahun) berupa ITP TOEFL (atau yang setara, yaitu IELTS, AcEPT, atau TOEP) dengan nilai minimal 400.
- surat rekomendasi dari 2 orang ( dosen atau atasan) yang mengetahui kepasitas akademik pendaftar
- surat keterangan sehat dari dokter
- proposal penelitian disertasi
- proyeksi keinginan calon mahasiswa
- surat izin dari atasan (bagi yang telah bekerja)
Informasi lebih rinci dapat dilihat di website ujian masuk UGM dan Sekolah Pascasarjana (http://um.ugm.ac.id, http://www.pasca.ugm.ac.id).
Waktu dan Prosedur Pendaftaran
Pendaftaran dibuka pada setiap semester secara online melalui http://um.ugm.ac.id dengan prosedur berikut.- Membuat akun pendaftaran di laman http://um.ugm.ac.id
- Mendaftar secara online di laman tersebut dengan cara mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. Semua dokumen tersebut diunggah, kecuali surat rekomendasi. Surat rekomendasi harus diisi langsung oleh pemberi rekomendasi secara online .
- Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM).
- Mencetak bukti pendaftaran yang akan digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
Informasi lebih rinci dapat dilihat di website ujian masuk UGM dan Sekolah Pascasarjana (http://um.ugm.ac.id, http://www.pasca.ugm.ac.id).. Apabila memerlukan bantuan teknis pendaftaran, bisa menghubungi sekretariat program MKIK UGM
Seleksi Masuk Program MKIK UGM
Seleksi masuk diadakan setiap hari dengan terlebih dahulu memenuhi persyaratan administrasi melalui UGM. Materi seleksi masuk terdiri dari tes tertulis dan tes wawancara.Biaya Pendidikan
Besarnya biaya pendidikan dengan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) adalah Rp11.000.000,00 (sebelas juta rupiah) per semester.Beasiswa
Program MKIK terdaftar sebagai prodi yang dapat menerima mahasiswa dengan beasiswa:- LPDP
- PUSBINDIKLATREN BAPPENAS
- Beasiswa Bank Mayapada
- dan beasiswa lainnya dapat dilihat di website resmi MDKIK
Kerja Sama dan Kelas Khusus
MKIK telah melakukan kerja sama dengan berbagai instansi, antara lain BKKBN, Kemenakertrans, BPS, Kemenkeu, Pemerintah R.D. Timor Leste, serta berbagai pemerintah daerah. Kerja sama dilaksanakan dalam bentuk pengiriman staf dari instansi yang bersangkutan untuk tugas belajar di MKIK UGM, baik melalui kelas reguler maupun kelas khusus. Kelas khusus dimungkinkan dalam bentuk konsentrasi kajian mengenai kebijakan sosial, kepemimpinan, kependudukan dan pembangunan, CSR, dan konsentrasi kajian lainnya.Staf Pengajar
Staf pengajar adalah dosen-dosen berkualifikasi professor dan S3, di antaranya, adalah sebagai berikut.- Prof. Dr. Muhadjir M. Darwin, M.P.A.
- Prof. Dr. Yeremias T. Keban, MURP
- Prof. Dr. Purwo Santoso, M.A.
- Prof. Dr. Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc
- Prof. Dr. Armaidy Armawi , M.Si.
- Prof. Dr. Laksono Trisnantoro, M. Sc.
- Prof. Dr. Mudrajad Kuncoro, M.Soc.Sc
- Prof. Dr. M. Baiquni, M.A.
- Prof. Dr. Samsubar Saleh, M.Soc.Sc
- Prof. Dr. Tri Widodo, M. Ec.Dev.
- Prof. Dr. Fat u r ochman, M.A.
- Prof. Dr. Ir. Achmad Junaedi, MURP.
- Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A.
- Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA.
- Prof. Dr. Siswanto Agus Wilopo,
- Prof. Dr. Ir. Achmad Junaedi, MURP
- Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA
- Prof. Dr. Kwartarini Wahyu Yuniarti, MMedSc.
- Prof. Dr. Nurhasan Ismail, S.H., M.Si.
- Dr.soc.pol. Agus Heruanto Hadna, M.Si.
- Dr, Mulyadi Sumarto, M.P.P.
- Dr. Pande Made Kutanegara, M.Si.
- Dr. Sukamdi, M. Sc.
- Dr. Dewi Haryani Susilastuti, M. Sc.
- Dr. Umi Listyaningsih, M.Si.
- Dr. Agus Joko Pitoyo, M.A.
- Dr. Setiadi, M. Sc.
- Dr. Hakimul Ikhwan, M.A.
- Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec.
- Dr. Evita H. Pangaribowo, M.IDEC.
- Dr. Wakhid Slamet Ciptono, MBA., MPM.
- Dr. Kuskrido Ambardi, M.A.
- Dr. Pujo Semedi Hargo Yuwono, M.A.
- Dr. Fahmy Radhi, M.B.A.
- Dr. Fathul Himam, M.Psi., MA.
- Dr. R. A. Romadhoni Surya Putra, S.Pt., M.Sc
- dan staf pengajar M KIK UGM lainnya
TESTIMONI ALUMNI
Dra. Sri Ediastuti, M.Sc. Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan. Kabupaten Bantul:
”Mengambil pendidikan di magister ini sangat penting terutama bagi para pemimpin di negeri ini. Saya sangat merasakan manfaatnya dengan bertambahnya ilmu dan wawasan saya sehingga sangat membantu ketugasan saya”Muhammad Mulia, Peneliti di SurveyMETER:
“Para pengajar yang profesional dan staf akademik yang sangat kooperatif dalam memberikan pelayanan prima serta ditunjang fasilitas perpustakaan yang kaya dengan referensi buku dan hasil riset. Pengalaman belajar di sini membuat saya semakin mencintai pekerjaan penelitian”Sunaji, M.Sc. Direktur Eksekutif Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta:
“Belajar di kampus ini, bagaikan menjalani etape perjalanan intelektual yang tantangannya tak sederhana. Namun, berkat epistemik berpengetahuan yang telah tak muda lagi, kampus ini berhasil menjalankan takdirnya untuk mengesahkan tanda perubahan tangga pendidikanku.”Dimpos Manalu, Kandidat Doktor di Fisipol-UGM, Sekretaris Badan Pengurus KSPPM, Parapat, Sumatera Utara
“Prodi ini juga menawarkan iklim akademik yang serius tapi santai, staf pengajar berkualitas dan egaliter, staf administrasi dan pustakawan yang sangat suportif, dan yang paling penting, iklim kekeluargaan yang membuat mahasiswa merasa at home”Iqrak Sulhin, Ketua Departemen Kriminologi FISIP UI:
"Secara keilmuan, kriminologi dan studi kebijakan dalam kelompok rumpun yang berbeda, namun sifat interdisiplin dari kriminologi memerlukan bantuan studi lain, seperti studi kebijakan yang juga multisdisiplin. Hal ini pula yang melatari saya menempuh magister di prodi ini.”Pertanyaan dan Kontak
Silahkan hubungi bagian sekretariat Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan:
Sekretariat
Gedung Masri Singarimbun, Jl. Tevisia, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
No. Telepon.: 0274-547867, 556564
No. Faks: 0274-556563
Website: http://mdkik.pasca.ugm.ac.id
Email: mdkik.pasca@ugm.ac.id
http://mdsk.pasca.ugm.ac.id/