Tujuan dari kegiatan seri penulisan ilmiah adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa magister Prodi PSPSR dalam menulis artikel ilmiah berkualitas untuk dipublikasikan pada jurnal internasional. Kegiatan dibuka oleh Ketua Program Magister Prodi PSPSR, Dr. Rr. Paramitha Dyah Fitriasari dan dilanjutkan dengan sesi materi. Pembicara pada sesi materi adalah Prof. Nurdiana Gaus, S.S., PGDIP., Ph.D. Prof. Diana merupakan dosen Prodi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (MMPT) yang aktif melakukan publikasi artikel di jurnal internasional bereputasi dan memiliki nilai h-index 7.
Prof. Diana membagikan tips cara menyusun struktur artikel yang baik agar bisa diterbitkan di jurnal internasional bereputasi seperti jurnal terindeks Scopus dan Web of Science (WoS). “Bagian paling penting dalam artikel adalah pendahuluan. Dengan menulis pendahuluan yang tepat akan memudahkan kita sebagai penulis untuk menyusun bagian-bagian selanjutnya”, ujar Prof. Diana.
Selain membahas struktur artikel yang baik, Prof. Diana juga menceritakan pengalamannya ketika mengirimkan artikel pada jurnal internasional bereputasi. Bagi Prof. Diana, ditolak artikelnya adalah hal yang biasa, justru menjadi masukan berharga untuk perbaikan artikel karena telaah yang diberikan sangat konstruktif. Pemilihan jurnal ilmiah yang tepat juga sangat berpengaruh dengan diterimanya artikel atau tidak. Prof. Diana berpesan kepada mahasiswa agar mengirimkan artikel ke jurnal yang sesuai dengan tema penelitian kita.
Setelah pemaparan materi oleh Prof. Diana, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama satu jam. Mahasiswa aktif bertanya dan termotivasi untuk bisa menerbitkan artikel di jurnal internasional. Kegiatan seri penulisan ilmiah yang diselenggarakan Prodi PSPSR merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan keterampilan literasi di antara mahasiswa magister. Dengan mendesiminasi pengetahuan yang diperlukan dalam mempublikasikan artikel penelitian berkualitas tinggi, program tersebut berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam pendidikan dan kemitraan global.
Kata kunci: pendidikan dasar, keterampilan literasi, kemitraan global, SDG 4: Pendidikan Berkualitas, SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, SDGs
Penulis: Asti Rahmaningrum