
Yogyakata (9/4) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada menggelar ujian terbuka untuk disertasi Diah Ajeng Purwani, mahasiswi Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan. Promosi Doktor berlangsung di Ruang Seminar lantai V, Sekolah Pascasarjana UGM.
Pada kesempatan ini, Diah Ajeng memaparkan hasil penelitiannya yaitu pandangan teoritik baru mengenai pemberdayaan dalam dunia digital untuk generasi milenial melalui unsur-unsurnya. Adapun unsur-unsur yang menjadi kunci dalam penelitian ini belum pernah terjamah dalam ranah penyuluhan dan komunikasi pembangunan. Kebaruan tersebut menjadi penekanan khusus dalam paparan Ajeng.
Salah satu poin penting yang menjadi titik pijak penelitian ini adalah hasil survey Marketer. Ia menyebutkan bahwa terdapat tiga subkuktur yang mempengaruhi dinamika dunia dan pasar saat ini. Tiga hal tersebut antara lain Youth, Woman, Netizen (YWN). Ketiganya diakui mampumenjadi penggerak adanya transformasi tren, gaya hidup, serta hal-hal yang bersifat kekinian oleh sosiokulturnya.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengambil tujuh young social entrepreneurs yang notabene adalah generasi milenial. Mereka adalah orang-orang yang aktif menggunakan media baru selama 3 tahun berturut-turt untuk mengembangkan kegiatan wirausahanya. Semua informan yang dilibatkan dalam penelitian ini memiliki basis kegiatan di Yogyakarta.
Diah Ajeng menegaskan temuan penelitian ini, yaitu konsep pemberdayaan di dunia digital (empowerment in digital world). Menjadi content creator adalah upaya untuk memberdayakan diri sendiri. Young social entrepreneurs hanya menjaga konsistensi atas upaya yang sudah mereka lakukan.
Pemberdayaan dalam dunia digital ini mengarah pada self commitment mereka yang bergerak di dunia maya agar tidak berhenti di tengah jalan dengan memperbanyak relasi yang bersifat human to human melalui machine to machine.
Dosen jurusan komunikasi Fakulta Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berhasil lulus Doktor dengan predikat Cumlaude.(Sps/Eni/AW)