S3 Ilmu Lingkungan Beri Pelatihan Pengelolaan Sampah di Dukuh

SPs dan Program Studi S3 Ilmu Lingkungan melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menggelar Workshop Pengelolaan Sampah di Padukuhan Dukuh, Kalurahan Sinduharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman.  Pada tahap pertama dilakukan workshop pengelolaan sampah pada tanggal 10 September 2023 di Padukuhan Dukuh, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. 

Kegiatan ini dimotori oleh mahasiswa S3 Ilmu Linmgkungan SPs UGM dan diikuti oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari Kelompok Swadaya Pengelola Sampah “Migunani”, Tokoh Masyarakat dan Ibu-ibu rumah tangga di lingkungan Desa Sinduharjo. Turut hadir juga perwakilan dari SPs dan S3 Ilmu Lingkungan.

Dalam sambutannya Kepala Dukuh Padukuhan Dukuh, Widayat Yogyanti, menyampaikan rasa terimakasih atas kegiatan workshop Pengelolaan sampah. Dan berharap kegiatan ini akan mampu membantu menyelesaikan masalah sampah, khususnya di Dukuh. Sementara itu  Prof. Eko Haryono, M.Si. , Kepala Program Studi S3 Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana, menegaskan bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk membantu masyarakat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi. Terlebih lagi saat ini Masyarakat Yogyakarta sedang menghadapi darurat sampah yang tiada ujungnya. Selain itu, setelah kegatan workshop ini dilaksanakan maka akan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan kepada masyarakat Dukuh selama 3 tahun, terhitung dari bulan September 2023.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat Dukuh untuk beradaptasi dengan darurat sampah yang terjadi di Yogyakarta. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk mewujudkan kota dan permukiman yang berkelanjutan sejalan dengan SDG point 11 dengan membuat kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk memperkuat kemitraan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan SDGs point 17

Dalam kesempatan yang sama Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia SPs, Dr. Techn. Khabib Mustofa, S.Si., M.Kom., mengatakan bahwa Sekolah Pascasarjana siap mendukung berbagai kegiatan yang bertujuan untuk kemaslahatan Masyarakat. Dan, berharap kegiatan ini akan berlangsung dalam jangka Panjang. Sehingga Masyarakat akan benar-benar merasakan manfaatnya.

Kegiatan workshop ini menampilkan beberapa narasumber, yakni Dr. Sudaryatno, M.Si. (dosen S3 Ilmu Lingkungan SPs UGM) yang memaparkanmateri tentang “Teknologi Pengelolaan Sampah Domestik/Rumah Tangga” Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc. Ph.D. (dosen S3 Ilmu Lingkungan SPs UGM) menyajikan tema “Budidaya Maggot yang Memiliki Nilai Ekonomis”, dan dipandu oleh Muhammad Sulaiman, S.T., M.T., D.Eng. (Koordinator Bidang PkM SPs UGM).