Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail

Persyaratan Program Doktor (S3)

s3
Prosedur Pendaftaran Program Doktor (S3)

Yang dapat melamar menjadi mahasiswa Program S3 adalah:

  • Lulusan S1 dengan predikat Cumlaude disertai bukti karya ilmiah terakreditasi yang sesuai dengan bidang ilmu yang akan diambil sebanyak 3 buah.
  • Lulusan S2 atau yang disamakan.

Calon dapat melamar untuk bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya, atau bidang lain dengan ketentuan calon memenuhi persyaratan tambahan yaitu:

  • Pengalaman pendidikan, karya ilmiah dan pengalaman kerja di bidang lain tersebut, dan
  • Mengikuti kuliah dan kegiatan akademik yang dipersyaratkan

Tatacara pendaftaran Program S3:

Pendaftaran calon mahasiswa S3 dilakukan melalui internet (online) dengan mengisi formulir yang tersedia pada website http://daa.ugm.ac.id/daftar/ dan melampirkan 2 rangkap:

  • Salinan ijazah dan transkrip S1 dan S2 yang dilegalisir
  • Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan
  • Nama calon pembimbing yang diinginkan/yang telah dihubungi
  • Surat ijin dari atasan (bagi calon yang sudah bekerja)
  • Surat keterangan jaminan biaya pendidikan
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surat rekomendasi dari 2 orang/pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon (mantan pembimbing, mantan dosen atau atasan)
  • Rancangan usulan penelitian atau lay out untuk program studi tertentu masing-masing 8 rangkap
  • Bukti pembayaran biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 750.000,00
  • Salinan TOEFL International/PBB UGM dengan score minimal 500 dan score Test Potensi Akademik (TPA) minimal 550 (Standar Bappenas/Puspendik/Litbang/Diknas/TPA UGM)
  • Pendaftar yang belum memenuhi syarat TOEFL dan TPA dapat melampirkan formulir pernyataan (bermeterai) yang dapat didownload di website
  • Amplop berperangko dan ditulisi alamat pelamar

Biaya Pendidikan Program Doktor (S3) SPP Mahasiswa Dalam Negeri

Biaya pendidikan (SPP) untuk program S3 (Doktor) di Sekolah Pascasarjana UGM dikelompokkan menjadi 2, meliputi:

1. Program Doktor (Reguler)

Program ini disebut reguler karena pelaksanaan kegiatan akademik dilakukan sesuai dengan pola reguler yang berlaku.

Biaya pendidikan untuk program Doktor (reguler) sebesar Rp 90.000.000,00 (sembilan puluh juta rupiah) untuk 6 semester, dan dapat dibayarkan dalam 6 kali angsuran.

2. Program Doktor (Terkendali)

Pelaksanaan program ini dilakukan dengan kendali waktu yang sangat ketat, pertemuan dengan dosen pembimbing secara terjadwal, dengan pola program yang tetap mengedepankan mutu akademik. Biaya pendidikan untuk program Doktor (terkendali) sebesar Rp 132.000.000,00 (seratus tiga puluh dua juta rupiah) untuk 6 semester dan dapat dibayarkan dalam 6 (enam) termin meliputi Rp 22.000.000,00 (dua puluh dua juta rupiah) per semesternya.

Apabila dalam waktu 6 semester belum selesai, maka mulai semester 7 s.d. semester 10 mahasiswa harus membayar Rp 22.000.000,00 (dua puluh dua juta rupiah) per semester

Masa studi untuk Program S3 multidisiplin maksimal 10 semester. Namun apabila dalam waktu 10 semester belum selesai, dimungkinkan untuk diperpanjang, setelah mendapat persetujuan Dosen Pembimbing, Pengelola Program dan Direktur Sekolah Pascasarjana UGM.

SPP perpanjangan untuk Program Doktor reguler sebesar Rp 11.000.000,00 (sebelas juta rupiah) per semester, sedangkan untuk program DOktor terkendali sebesar Rp 22.000.000,00 (dua puluh dua juta rupiah) per semester.

SPP Mahasiswa Asing

Biaya pendidikan (SPP) untuk mahasiswa asing dengan pola Program Doktor (reguler) sebesar US$ 12.000 untuk 6 semester, dapat dibayarkan dalam 6 termin masing-masing sebesar US$ 2.000 dan untuk Program Doktor (terkendali) sebesar US$ 24.000 untuk 6 semester, dapat dibayarkan dalam 6 termin masing-masing sebesar US$ 4.000. Apabila dalam waktu 6 semester mahasiswa tersebut belum selesai, maka mulai semester 7 s.d. semester 10, mahasiswa harus membayar SPP sebesar US$ 2.000 per semester untuk program Doktor reguler, dan US$ 4.000 untuk Program Doktor terkendali.

Perkuliahan

Sebagai bekal bagi mahasiswa Program Doktor untuk melakukan penelitian dan penyusunan disertasi, maka semua mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti perkuliahan dengan beban mata kuliah berkisar antara 8-12 SKS/tergantung dari topik penelitian dan latar belakang pendidikan mahasiswa.

Monitoring dan Evaluasi Pendidikan

Evaluasi terhadap kemampuan mahasiswa dilaksanakan melalui ujian perkuliahan, kolokium, seminar, penyusunan usulan penelitian disertasi dan ujian komprehensif.

Pada setiap akhir semester, mahasiswa diwajibkan menyerahkan laporan kemajuan penelitian yang disyahkan oleh Tim Promotor, namun apabila Tim Promotor menilai bahwa mahasiswa tidak memungkinkan untuk dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang ditetapkan, maka mahasiswa dinyatakan tidak mampu dan tidak diperkenankan melanjutkan studi.

Disertasi yang telah disusun oleh mahasiswa, dieavaluasi kelayakannya oleh Tim Penilai Disertasi. Disertasi yang dinilai layak dapat diajukan untuk ujian tertutup. Bagi mahasiswa yang lulus dalam ujian tertutup dapat mengikuti wisuda berdasarkan persyaratan tertentu atau menempuh ujian terbuka.