Pembukaan Dies SPs ke 39 : SPs Masuk Dalam 3 Besar Capaian Kinerja yang Diwajibkan oleh Universitas.

Jogja, (17/6/2022) Pembukaan Dies ke 39 Sekolah Pascasarjana UGM dibuka oleh Dekan Sekolah Pascasarjana UGM, Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D di halaman gedung SPs pada Jumat pagi, 17 Juni 2022. Dies yang ke 39 ini mengambil tema Digital Possibilities di Era Pasca-Pandemi dan Dampaknya terhadap Pembangunan yang Berkelanjutan.

Serangkaian agenda dan rencana kegiatan disampaikan oleh Dekan dan Ketua Dies. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan agenda dan rencana kegiatan di SPs. 

Yang pertama Dekan menyampaikan bahwa SPs mencapai target capaian kinerja yang diwajibkan oleh universitas, “ Allhamdulillah SPs itu capaiannya lumayan tinggi, masuk di 3 besar.”ungkapnya.  

Namun selain itu, dekan juga menyampaikan tekait hal dengan belum tercapainya jumlah mahasiswa. Dekan menyampaikan “Karena memang dalam rencana induk kampus ada penguatan pascasarjana baik di fakultas dan tentu saja di SPs, salah satu indikatornya adalah jumlah masiswa semakin banyak. “  Dekan mensinyalir hal tersebut terjadi akibat adanya pandemi, kondisi ekonomi sesudah pandemi, dan adanya perang sehingga ekonomi global agak lesu. Dalam kondisi seperti ini perlu adanya inovasi, bagaimana bisa menambah jumlah mahaiswa, menurut Dekan.

Selain itu Dekan juga menyampaikan terkait dengan MCK (Mandat Capaian Kinerja) dan IKU (Indikator Kinerja Utama). Dekan berharap agar target-target yang dicanangkan oleh Unviersitas bisa berkontribusi pada IKU. “Mudah-mudahan berbagai kegiatan ini bisa berkontriusi pada IKU.” katanya.

Di akhir sambutan Dekan menyampaikan bahwa SPs akan menjadi host atau koodinator untuk global etchic yang berpusat di Swis. Dalam hal ini Dekan menyampaikan bahwa Koordinator yang diusulkan dari global ethic adalah Dr. Dicky Sofyan (Dosen SPs). “Yang mendapatkan kepercayaan dari Global Ethic adalah Pak Dicky” katanya. 

Terkait dengan kegiatan ini Dekan juga berencana akan mengundang dari berbagai fakultas untuk bergabung dalam rangka sosialisi. Dekan menyampaikan bahwa inti dari kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan etika yang baik ketika melakukan kegiatan akademik.

Sementara itu Ketua, Dies Dr. M. Iqbal Ahnaf dalam sambutannya, menyampaikan serangkaian agenda Dies SPs ke 39 diantaranya International Graduate Students and Sholars Conference in Indonesia (IGSSCI), dengan PiC kegiatan  oleh Dr. Dicky Sofyan dan Dr. Zainal Abidin Bagir, selain itu juga akan ada Seminar Hibah Penelitian, PIC oleh Dr. Syamsul Maarif, Lomba Olah Raga, PiC  Dr. Duddy Roesmara Donna, M.Si, Lomba Internal dan Eksternal, PiC Dr. Rr. Paramitha Dyah Fitriasari, Pengabdian Masyarakat, PiC Dr. Ir. Dina Ruslanjari, Family Gathering, PiC Dr. Muhamad, Orasi Ilimiah, PiC, Dr. Budiawan, Pelatihan Penulisan Publikasi Imiah (1x), PiC, Dr. Leonard C. Epafras, S.Si, serta Great Thinkers, PiC Dr. Ratna Noviani dan Dr. Syamsul Maarif, dan Promosi Prodi, PIC Dr. Dina Ruslanjari dan Dr. Rr. Paramitha Dyah Fitriasari, M.Hum

Para PiC tersebut adalah dosen-dosen di SPs, dan serangkaian acara itu akan dilaksanakan mulai Juni 2022  hingga Oktober 2023. (SPs/arni)