SPs UGM Melaksanakan AUN-QA Untuk Pertama Kalinya

SPs Jogja (10/6/2021) Program Studi S2 Agama dan Lintas Budaya dan S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Sekolah Pascasarjana UGM melaksanakan kegiatan ASEAN University Network Quaity Assurance (AUN- QA) untuk pertama kalinya pada tanggal  7 hingga 11 Juni 2021.

AUN-QA yang merupakan salah satu kegiatan AUN ini, bertujuan untuk menjamin mutu program studi yang menjadi anggota AUN, dan UGM adalah salah satu anggotanya. AUN merupakan suatu organisasi antar universitas di tingkat Asean, yang mempunyai tujuan untuk memperluas  dan memperkuat kerjasama di bidang pendidikan tinggi antar negara di Asean.

Tata cara penilaian AUN QA dilaksanakan secara mandiri, diawali dengan penulisan SAR (Sef-Assesment Report). Proses selanjutnya adalah konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan tindakan untuk perbaikan terhadap SAR, setelahnya tim reviewer dari anggota AUN yang berasal dari negara ASEAN lainnya akan melakukan visitasi. Visitasi dimaksudkan untuk memberikan masukan terhadap self assessment.

AUN QA bukan akreditasi, namun sebuah penilaian, karena akreditasi merupakan bagian dari QA. AUN-QA sendiri mengacu pada standar akreditasi internasional yang telah disusun oleh berbagai pakar QA ASEAN yang dimotori oleh National University of Singapore.

Penyelenggaraan acara ini dilaksanakan scara luring dan daring sesuai protokol kesehatan. Staf akademik dan semua tenaga kependidikan yang ada di lingkungan Sekolah Pascasarjana dilibatkan dalam kegiatan ini. Pesertanya berjumlah: 10 orang termasuk pimpinan sekolah pascasarjana dan ketua prodi, 9 Staf akademik, 15 tenaga kependidikan, 10 alumni, 11 mahasiswa aktif dan 11 dosen aktif.

Rangkaian acara persiapan untuk mengikuti AUN ini telah siapkan oleh  KJM, yang meliputi Rapat persiapan tanggal 12 Januari 2021, Workshop Review Dokumen AUN SAR tanggal 2 Maret 2021, pihak AUN readiness test tanggal 19 Mei 2021, Zoom Management Team Orientation tanggal 25 Mei, serta gladi bersih tanggal 4 Juni 2021.

Untuk program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, bertindak sebagai Lead Asessor adalah Dr. Le Wuang Minh dari National University Ho Chi Minh City, Vietnam dan Prof. Dr. Monet M. Loquias dari University of the Philippines sebagai assessor.

Sedangakan untuk Program Studi Agama dan Lintas Budaya, bertindak sebagai sebagai Lead Asessor adalah Prof. Dato’ Ir. Dr. Riza Atiq Abullah bin O.K. Rahmat dan Dr. Marlene M.De Leon dari Aeneo de Manila University, Pilipina sebagai Assessor. (Ar/Gea)