Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Sekolah Pascasarjana UGM Juara 3 lomba Paduan Suara.

Posted in Yogyakarta
28
Nov
2016

Yogyakarta, Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada berhasil  membawa pulang piala sebagai juara tiga dalam lomba paduan suara (padus) yang merupakan salah satu rangkaian acara Dies UGM ke 67. Tepuk tangan dan sorak sorai penonton serta peserta lomba tak pelak memenuhi ruangan Gedung Pusat Kesenian Koesnadi Hardjosoemantri (PKKH) UGM, tempat pelaksaan lomba,  pada Jum’at (25/11) saat juri membacakan pengumuman pemenang.

Dua lagu harus dibawakan oleh para peserta lomba, terdiri dari satu lagu wajib dan satu lagu pilihan. Hymne Gadjah Mada merupakan lagu wajib, sedangkan lagu pilihan, peserta disilakan untuk memilih satu lagu daerah dari Indonesia. Dan SPs memilih lagu “Jaranan” sebuah lagu daerah dengan bahasa jawa sebagai lagu pilihannya.

Lomba ini dilkasanakan dengan tujuan agar dapat mengembalikan cara dan teknik dalam membawakan lagu Hymne Gadjah Mada sesuai dengan ciptaan aslinya sang pengarang lagu, mendiang I Gusti Ngurah Suthasoma

Terpilih tiga pemenang dalam lomba ini, juara satu diraih oleh Fakulas Kedokteran Hewan, juara dua diraih Sekolah Vokasi. Lomba yang diikuti oleh tujuh kelompok paduan suara ini berasal dari fakultas-fakultas dan sekolah di lingkungan UGM, yaitu Sekolah Vokasi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Geografi, Fakultas Biologi, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Filsafat dan Sekolah Pascasarjana.

Juri terdiri dari tiga orang yang pakar di bidangnya yaitu Dra. I Gusti Ayu AAG. Adicarata, putri mendiang Suthasoma, A Gathut Bintarto Triprasetyo, S.Sos., S.Sn., M.A, Dosen Seni Musik ISI Yogyakarta dan Danadista Budi Kusumastuti, Instruktur Vokal.

Wakil Direktur Bidang Akademik Pengembangan dan Kerjasama SPs UGM , Prof. Ir. Suryo Purwono, M.A., Sc., Ph.D menyampaikan selamat sekaligus memberikan apresiasi kepada para anggota paduan suara SPs atas prestasi yang diraihnya ini.

Senada dengan Prof. Suryo, Kasubag Akademik Asri Supeni Riwayanti (Bu Peni) sekaligus “manajer” kelompok padus yang mengawal acara sejak latihan hingga pelaksanaan lomba juga menyampaikan selamat kepada kelompok padus SPs.

“Selamat, semoga ini merupakan awal yang baik, mengingat waktu latihan yang cukup singkat.”  ungkapnya. “Tanpa adanya semangat dan kegigihan dari para anggota paduan suara tentu tidak akan mendapat hasil seperti ini, walaupun masih juara tiga” tambahnya.

Tak jauh beda dengan Bu Peni, Indri Sugiarti salah satu anggota kelompok padus menyampaikan kegembiraannya.  “Awalnya agak pesimis karena pembentukan kelompok dan waktu latihan hanya sekitar sepuluh hari” katanya. “Namun tidak menyangka ternyata bisa membawa pulang piala” tambahnya dengan senyum merekah.

Anggota padus SPs yang beranggotakan delapan belas orang ini berasal dari Tenaga Kependidikan, Dosen, dan Mahasiswa S2 Program Studi Agama dan Lintas Budaya, Kajian Budaya dan Media, serta Pengkajian Seni Pertunjuakan dan Seni Rupa SPs.

Dalam keikut sertaan lomba kali ini, lagu diaransemen oleh Andy Alexander, sedangkan Denny E Wibowo sebagai koreografi, penyiapan kostum dan properti. Keduanya adalah Mahasiswa S2 Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa SPs UGM.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi, pada 16 Desember 2016 mendatang kelompok paduan suara SPs direncakan kembali tampil dalam acara refleksi akhir tahun yang dilaskankan rutin menjelang tutup tahun di Sekolah Pascasarjana UGM. Seluruh pegawai SPs pun turut mengucapkan selamat dan menyambut bahagia keberhasilan ini.  (SPs/arni)