Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Laksanakan Workshop & Penyusunan Kurikulum : Sekolah Pascasarjana UGM Siap Wujudkan OBE Secara Utuh

Posted in Yogyakarta
06
Oct
2017

Jogja, Kamis (05/10) bertempat di Ruang Auditorium Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), Dekanat Sekolah Pascasarjana UGM laksanakan agenda workshop dan penyusunan kurikulum Outcome Based Education (OBE) untuk menyambut tahun akademik 2018. Agenda ini menjadi bagian dari komitmen penuh Sekolah Pascasarjana UGM untuk dapat meningkatkan mutu akademik di tengah tantangan institusi pendidikan era kontemporer.

Agenda ini dihadiri oleh segenap stakeholder Sekolah Pascasarjana UGM diantaranya yaitu, Jajaran Pimpinan Sekolah Pascasarjana UGM, Kepala Program Studi/Minat Studi Sekolah Pascasarjana UGM serta Pelaksana Administrasi Akademik Program Studi/Minat Studi Sekolah Pascasarjana UGM.

Dalam sambutannya, Dekan Sekolah Pascasarjana UGM, Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc. Ph.D. mengajak segenap stakeholder untuk bersama-sama menilik kembali kurikulum pembelajaran yang dimiliki dan mengevaluasinya guna mendapatkan tatanan sistem pendidikan yang lebih komprehensif sebagaimana termuat dalam sistem OBE sebagai dasar penyusunan kurikulum yang saat ini sedang digalakan secara nasional oleh Pemerintah Indonesia.

Workshop bertajuk kurikulum berbasis OBE ini dilaksanakan dalam tiga sesi penyampaian materi yaitu: pertama, pemaparan kurikulum Sekolah Pascasarjana UGM;kedua, pemaparan mengenai kurikulum OBE oleh Dr. Edia Rahayuningsih dan ketiga diskusi kelompok (focus group discussion) mengenai implementasi kurikulum berbasis OBE ditatanan Sekolah Pascasarjan UGM yang dipimpin secara langsung oleh Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc. Ph.D.

“Kurikulum berbasis OBE merupakan suatu tatanan skema pengajaran dan pembelajaran yang di dalamnya termuat prinsip-prinsip yang dibutuhkan oleh pendidikan saat ini yaitu, untuk melahirkan lulusan yang tidak saja memiliki keunggulan pengetahuan namun juga penting untuk memiliki keunggulan keterampilan yang menunjang pada pilihan pekerjaan setelah peserta didik lulus”, tutur Edia.

Melihat pentingnya tujuan dasar dari sistem kurikulum berbasis OBE, Dekan Sekolah Pascasarjana UGM juga menekankan agar agenda ini dapat dijadikan momentum bersama segenap civitas akademik Sekolah Pascasarjana UGM untuk merefleksikan amanat kurikulum OBE di dalam skema pengajaran dan pembelajaran yang dimiliki setiap Program Studi/Minat Studi Sekolah Pascasarjana UGM agar dapat menjadi mitra dalam menghasilkan produk akademik yang mumpuni secara intelektual dan memiliki keterampilan khusus berkaitan dengan pilihan studi yang diambil oleh peserta didik.

Melalui hal ini, Sekolah Pascasarjana UGM akan lebih siap secara sistem untuk dapat memberikan kontribusi riil dan dukungannya dalam menjawab tantangan global saat ini.(SPs LD/P.A;foto:pudji)